Thursday 15 May 2014

Daftar Info Kolam Pancin



    Daftar Info Kolam Pancing di Surabaya



Nah, karena saya tahu benar bagaimana cukup sulitnya mencari info kolam pancing, maka dari itu saya mencoba membuat posting mengenai kolam pancing di Surabaya. Semoga teman-teman penghobi mancing khususnya mancing di kolam pancing / empang dapat segera menemukan lokasi mancing yang tepat dan terdekat dari daerahnya masing-masing, ataupun pendatang atau tamu dari luar kota Surabaya bisa mempunyai gambaran kolam pancing yang ada di Surabaya. Mulai dari yang dekat daerah rumah saya dulu ya,,

1. Kolam Pemancingan Kotabaru Driyorejo
    Jenis ikan : Tombro, Patin, Jaer, bawal
    Sistem : Harian, tiket 40rb/day
    Lokasi : Jalan raya Petiken, gerbang masuk Perum Kota Baru Driyorejo
    Note : Pelepasan ikan pada saat pemancing baru datang. Agak susah mancing disini, butuh kesabaran khusus. Ikan kumpulnya ngeblok agak ke pinggir kolam.
                                              

2. Kolam Pemancingan Poetri Koneng, Sumur Welut
    Jenis Ikan : Tombro, bawal, jaer, nila, gurame
    Sistem : Kiloan
    Lokasi : Jalan Sumur welut, di pinggir jalan pas tikungan jalan seperti letter S
    Note : Stok ikan berlimpah. Ikan makannya cukup rakus, asalkan pas umpannya pasti dapat. Umpan biasanya pakai pelet. Ada saung kecil/sederhananya juga untuk makan dan terima olah ikan (bakar). Ini tempat favorit saya karena meskipun kolam kiloan tapi ada tantangan disini dimana ikan tidak gampang dipancing.
                                            
3. Kolam Pancing Kontak Tani
    Jenis ikan : Lele (galatama), tombro, lele, jaer, nila
    Sistem : Galatama (lele) jadwal Senin, Rabu, Sabtu mulai jam 21.00 s/d 02.00 tiket 20rb/sesi, 1 sesi = 1 jam, minimal ikut 2 sesi.
    Lokasi : Jalan Kutisari. masuknya dari seberang ATM CIMB Niaga ada jalan masuk/jembatan. lurus terus pas kelokan ke kiri ada di sebelah kanan, belakang warung.
     Note : kolam pancing ini tempat favorit saya ikut lomba lele krn ikannya besar-besar 2-5kg. Suasananya sangat kekeluargaan dan santai, penyiar lombanya lucu dan suka ngeguyu (becanda) dan setel lagu nonstop. Kolam harian cukup banyak ikannya, pelepasan tiap hari Minggu (tiket 30rb, kalau hari biasa tiket 20rb).
                                                            

4. Kolam Pancing Makariya Binangun
    Jenis ikan : Lele
    Sistem : Lomba, galatama, harian
    Lokasi : Dari perumahan makariya lewatin kolong jalan tol, belok kanan jalanan yang ga diaspal, kolam ada disebelah kiri.
    Note : Jadwal lomba Selasa, Jumat, Minggu tiket 50rb/2 sesi (2 jam) dilanjutkan dengan galatama tiket 25rb/sesi (1 jam), ikan boleh dibawa pulang. Harian 15rb 1 stick, 20rb 2 stick. Paling ramai kalau hari sabtu, pelepasan ikan bisa lebih dari 2x. Ikan makannya dari habis subuh sampai jam 8-9 pagi. Habis itu sepi.
                                                       
 
5. Kolam Pancing Alami
    Jenis ikan : lele, tombro, patin, nila, jaer, bawal
    Sistem : kiloan
    Lokasi : Pertigaan kertajaya belok ke arah Mal Galaxy, lurus terus sampe lewat Unair, lurus lagi sampe lewat pom bensin di seberang kanan Jalan.
    Note : kolamnya ada banyak, dibedakan menurut jenis ikan didalamnya. Kondisi pemancingan sepertinya agak minim fasilitas, tetapi kalau cari kolam kiloan yang murah di tengah kota yah bolehlah kesini. Saya seringnya mancing lele, lelenya besar bisa sekilo isi 2.

6. Kolam Pancing Tengger Jaya
    Jenis ikan : Tombro, bawal, patin, lele, nila, jaer
    Sistem : Kiloan
    Lokasi : Jalan Tengger, dekat kolam Galatama Patin Mitra Bahari, lurus terus sekitar 2 gang dari kolam Mitra Bahari ada plang Kolam pancing Tengger Jaya, masuk kedalam beberapa meter.
    Note : Ini salah satu kolam favorit saya untuk mendulang strike. Selain harga kiloannya yang murah, kolam ini tarikan ikannya ganas-ganas. Apalagi kolam lelenya, dijamin ga boncos, wong akeh iwak'e. Disini ga jual umpan, jadi umpannya bawa dari luar, umpan yang cepet disambar umpan cacing. Pemilik kolamnya yang kakek-kakek rada jutek. Kolam ini termasuk kolam kejujuran, maklum yang jaganya ga ada, tapi percayalah, kalau anda tidak jujur (dengan melepas ikan kembali ke kolam) maka suatu hari nanti perbuatan anda akan ketahuan.

7. Kolam Pancing Taman Pakal
    Jenis Ikan : Tombro, Nila
    Sistem : Kiloan, Lomba
    Lokasi : Jalan raya benowo
    Note : saya belum pernah mancing kesini, tetapi saya sempat melihat-lihat. Kolamnya luas, ada atapnya dari anyaman, tempat duduk pemancing bukan semen/tanah tapi gantung diatas air beralaskan anyaman (khas kolam pemancingan pinggir kota surabaya). Ada kolam galatama tombro-nya, tapi jadwal lomba malam dan saya tidak tahu.

8. Kolam Pancing sekitar Kalang Anyar, Sedati
    Jenis ikan : Bandeng, cukil / barramundi, patin
    Sistem : Kiloan, harga kiloan berbeda tiap kategori bobot ikan, semisal ikan bobot dibawah 1kg sekilonya 30rb. ikan diatas 1kg perkilonya 40rb. harga bandeng cukup sering berubah-ubah tapi pada dasarnya hampir semua kolam pancing di sekitar kalang anyar, sedati, harga kiloannya sama, hanya beda kenyamanan saja.
     Lokasi : dekat dengan daerah bandara Juanda, sekitar 10 menit.
     Note : kondisi lokasi sangat panas di siang hari, disarankan memancing mulai dari pagi hari (jam 7) selesai di jam makan siang biar sekaligus hasil tangkapan bandeng bisa dibakar dan dimakan. Umpan bisa beli di kolam, umpannya cenil atau otok-otok. rangkaian bandeng timah pemberat dibawah dengan pakai kail berderet 3 ukuran kail seperti utk tombro ukuran sekilo kebawah.

9. Kolam Pancing Bosem Wonorejo, Kolam Pancing Pak Salam
    Jenis ikan : bandeng, cukil/barramundi, tombro, nila
    Sistem : Kiloan, nyaris sama seperti kolam di sekitar kalang anyar, sedati
    Lokasi : Tempat wisata Mangrove, Wonorejo
    Note : Kondisi kolam sekitar Wonorejo lumayan lengkap fasilitasnya, lebih rapih. Ikan lebih variasi. Untuk di olah ditempat kemungkinan jarang bisa, apalagi kalau hari biasa. Jadi disini memang biasanya khusus untuk mancing ikan dibawa pulang saja.

10. Kolam Pancing Kusuma Tirta
      Jenis Ikan : Patin, Nila, Tombro
      Sistem : Kiloan
      Lokasi : Ds. Kedung Peluk, Candi. Rute paling gampang lewat lingkar luar timur Sidoarjo.
      Note : Cocok buat berlibur bersama keluarga. Kolam pancingnya model restoran, bisa makan plus santai mancing di pinggir kolam karena ada saungnya. Suasananya juga teduh, nyaman. Saran buat yang mau olah hasil pancingan, sebelum jam makan siang biar antrinya ga lama. Makanan dan olahannya mantap, maknyus klo kata pak Bondan, hehehe. Oh iya, alat pancing dan umpan bisa sewa/beli disini.

11. Kolam Pancing di sekitar Candi / Cemandi.
       Jenis ikan : tombro, bawal, nila, patin, gurame
       Sistem : ada yang kiloan, ada yang harian
       Lokasi : Candi
       Note : banyak banget kolam pemancingan di sekitar sini, biasanya ramai pas hari Libur, pengunjungnya ramai, ikannya juga ramai. Silahkan disusurin aja jalan di sekitar Candi sampai ke kedung peluk, dan dipilih kolam-kolamnya. Di pinggir jalan juga banyak yang jual umpan mancing dan perlengkapan mancing.

12. Kolam Pancing Delta Fishing
      Jenis ikan : Tombro, Patin, nila, gurame, bawal, mujaer
      Sistem : kiloan, bisa olah hasi mancing
      Lokasi : Candi
      Note : Orang surabaya/sidoarjo kl ditanya pasti semua pada tau nih kolam. Nih kolam rame banget klo hari libur, ada tempat permainan buat anak kecilnya juga, tapi dijamin rada sumpek. Kalau anda orang yang ga terlalu seneng keramaian, yah disarankan coba cari kolam yg lebih sepi. Fasilitas lengkap, toilet, tempat makan, jajan, sewa alat pancing, umpan. Kolamnya juga udah di semen, jadi ga ada itu istilah becek-becekan karena kena tanah.

13. Kolam Pancing di sekitar Kepatihan, Benowo
      Jenis ikan : Bawal, Nila, Tombro
     Lokasi : Deket pabrik mebel, kepatihan, pinggir jalan raya
     Sistem : kiloan, harian
     Note : lumayan ganas bawalnya, bisa di casting. Kalau mau yang mancing harian juga enak, bisa ngadem dibawah pohon.

14. Kolam Pancing Monstero Pond
      Jenis Ikan : Bawal, patin, lele, nila, mujaer, Aligator, Red Tail Catfish (RTC), Cukil, Toman/Gabus
      Sistem : Kiloan (patin, nila), Catch n Release (Bawal, patin, lele, nila, mujaer, Aligator, Red Tail Catfish (RTC), Cukil, Toman/Gabus), tarif Cnr : hari biasa 85rb/4 jam, 100rb/full day. Weekend 150rb/full day, 100rb/4 jam. Paket RTC 50rb (hari biasa), 70rb (weekend) mulai dari jam 3 sore keatas (biasanya buat yang nargetin mancing RTC).. Oh iya, tarif tsb untuk 1 stick.
      Note : Fasilitas lumayan lengkap, kiloan lumayan murah. Ada restonya, tapi ga bisa ngolah hasil pancingan. Caddy lumayan sigap. Umpan bisa dibeli disini. tidak boleh pakai essence (kiloan, cnr), pakai umpan daging ayam/ikan buat target aligator/bawal/toman, umpan pelet (bawal), cacing (bawal, lele, RTC). Saran saya, bawa 2 stick, tapi kalau paket cnr-nya utk 1 stick, 1 sticknya utk cadangan, jadi pas misal ikan baru aja landed, kan ribet tuh lepasin kail atau benangnya nyangkut di serokan, bisa langsung lempar umpan lagi pakai stik cadangan tadi itu.

15. Kolam Pancing Juanda Fishing
      Jenis ikan : Tombro, nila, patin
      Sistem : Kiloan
      Lokasi : Juanda, dekat dari bandara juanda
      Noted : fasilitas lumayan lengkap, ada restonya. Harga kiloan lumayan mahal, tapi terbayar lah oleh kenyamanan dan fasilitasnya. Cocok untuk liburan bersama keluarga.

16. Kolam Pancing Galatama Patin Mitra Bahari
      Jenis Ikan : Patin
      Sistem : Lomba (per 3 jam), Galatama (habis lomba dilanjutkan galatama, biasanya 1 jam)
      Lokasi : Tengger-Benowo
      Note : Baru beberapa kali nyoba ikutan mancing lomba disini, lapaknya banyak, suasana lomba ramai sekali, ikan induknya dahsyat besarnya sampai 15kg'an. Ikan ramenya diatas 5kg. Umpan biasanya pelet bom dan sagu/ongol"/aci + essen. Minimal pakai piranti reel 3000, benang PE2 / mono diameter 0.28 dan joran yang kaku biar ga sering minta maaf sama lapak tetangga. Kalau umpannya pas / jalan, dijamin bakalan fitness di kolam ini.

17. Kolam Pancing Lomba Pak Sur / Kolam Surya Jaya
     Jenis : Tombro
     Sistem : Lomba, Galatama
     Lokasi : Bypass Krian
     Note : belum pernah nyoba mancing disini, baru lihat-lihat aja, tapi rame, lapak sering full.

18. Kolam Pancing Jambangan
     Jenis : Tombro
     Sistem : Lomba, Galatama , dulu ada kolam hariannya diisi lele, tombro, tapi ga tau lagi sekarang masih ada atau ngga
     Lokasi : Jambangan, dari flyover jambangan ambil yang belok ke kanan, kolam di pinggir jalan depannya gerbang besar.
    Note : belum pernah mancing disini, baru lihat-lihat aja. Lapaknya banyak, rame. Ikan induknya terbilang besar, ikan ramenya juga besar-besar.

Mungkin segitu dulu ya, nanti kalau ada tambahan lagi baru saya update. Atau mungkin ada yang berkenan menambahkan, silahkan isi di kolom komentar, nanti saya tambahkan ke artikel ini. Kalau ada update'an terbaru juga boleh dimasukkan dalam kolom komentar. Isi artikel atau daftar kolam pancing di Surabaya ini saya buat berdasarkan pengalaman / penglihatan saya sendiri. Mungkin ada versi lainnya dari pembaca sekalian. Matursuwun..    
Memancing adalah campuran antara olahraga dan rekreasi. Animo masyarakat Indonesia akan olahraga memancing ini sangat tinggi bahkan meningkat dari tahun ke tahun maka peluang usaha kolam pemancingan ikan ini sangat terbuka lebar untuk mendapatkan untung besar dan cepat. Banyak sekali sisi positif dari kolam pemancingan ikan bila dikelola dengan benar akan tetapi seperti biasa dimana ada peluang disitu pula terdapat tantangan. Salah satu hal yang dapat dilihat sebagai peluang adalah kebanyakan bisnis kolam pemancingan ikan belumlah dikelola secara profesional dengan sistem manajemen modern. Banyak sekali kolam pemancingan ikan yang hanya berupa kolam dan plank nama padahal apabila kita ingin berbisnis yang baik dengan strategi jangka panjang hingga bisa diwariskan kepada anak cucu, program branding, marketing dan corporate identity sangatlah penting dilakukan. Salah satu kolam pemancingan ikan yang sudah serius dalam menangani bisnis ini secara profesional adalah kolam pemancingan ikan galatama Galilea seperti yang dapat kita lihat pada gambar disamping. Logo kolam pemancingan galatama Galilea ini terlihat sangat keren dan profesional. Logo yang berwarna biru tua melambangkan kepercayaan dan kesejukan yang diambil dari warna air. Logo ini juga mengandung warna keemasan dari ikan mas yang menjadi obyek dari pemancingan itu sendiri sekaligus memberikan kesan bersahabat dan kekeluargaan.

Membuat logo pemancingan ini merupakan salah satu cara jitu dan terbaik dalam memenangkan persaingan dipikiran dan hati konsumen. Logo pemancingan ikan yang menarik akan membuat perbedaan dan memberikan daya saing yang tinggi sehingga akan selalu diingat oleh konsumen dan akan selalu menjadi tempat memancing favorit bagi pelanggan. Hal ini akan menciptakan merek bisnis yang dapat dijual dan bernilai tinggi. Kesimpulan yang dapat ditarik dan diambil pelajaran disini adalah semua merek, branding, program marketing dan corporate identity dimulai dari pembuatan logo pemancingan ikan yang keren dan menarik. - See more at: http://desainlogodesign.com/kolam-pemancingan-galatama-dan-kiat-sukses-memulai-bisnis-pemancingan#sthash.TlGrRbrm.dpuf

No comments:

Post a Comment